TENTANG KAMI

SEJARAH BERDIRINYA WISMA SEJAHTERA MAGELANG

Lembaga Pengelolaan Wisma Sejahtera (LPWS) adalah sebuah badan usaha yang didirikan oleh BPMSW GKI SW Jawa Tengah pada tanggal 21 Januari 2009, meskipun secara de facto lembaga ini telah beroperasi sejak 1 Juli 2004. LPWS didirikan sebagai suatu badan usaha pengelolaan penginapan dengan wilayah kerja meliputi Propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada dua penginapan yang dikelola LPWS yaitu:

1) Wisma Sejahtera di Kota Magelang

2) Griya Sejahtera di Kecamatan Ngablak.

Wisma Sejahtera pada awal pendiriannya direncanakan sebagai pusat latihan kepemimpinan GKI Jateng yang memiliki fasilitas untuk menyelenggarakan pertemuan, pengaderan, dan sebagainya. Namun dalam perkembangan waktu, Wisma Sejahtera cukup sering dimanfaatkan oleh berbagai kalangan di luar Sinode GKI. Saat ini Wisma Sejahtera mengelola 40 kamar dengan berbagai tipe dan 2 ruang aula, dengan konsep bisnis akomodasi dan pertemuan.

Perkembangan Bisnis Penginapan di Kabupaten Magelang

Bisnis penginapan tidak terlepas dari aktivitas dalam  sektor pariwisata dan jasa. Magelang dengan segala kekhasannya semakin menjadi destinasi yang penting, baik untuk kunjungan wisata, jasa pendidikan, investasi maupun perdagangan. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai indikator, yaitu jumlah kunjungan wisatawan, jumlah fasilitas penginapan, tingkat hunian penginapan, serta rata-rata lama tinggal. Pada bagian ini akan dipaparkan potensi  dan peluang pengembangan bisnis penginapan di Kabupaten Magelang.

Pasokan Kamar Hotel

Pasokan Kamar Hotel di Kabupaten Magelang dalam kurun 2010 hingga 2014 terus mengalami peningkatan, tercatat dalam Badan Pusat Statistik pada tahun 2014 jumlah hotel bintang sebanyak 8 unit dengan jumlah : 354 kamar. Angka ini meningkat 4,73 persen dari tahun sebelumnya (2013) total pasokan kamar seluruhnya hotel bintang sebanyak 338 kamar dengan jumlah 8 hotel bintang.  Jumlah kamar hotel non-bintang relatif stabil dari tahun ke tahun. Tabel berikut memberikan deskripsi mengenai pasokan kamar hotel di Kabupaten Magelang dari tahun 2010-2014.

Review Kinerja Penginapan

Untuk mendapatkan gambaran mengenai pengelolaan Wisma Sejahtera saat ini maka pada bagian ini akan disampaikan ulasan singkat mengenai kinerja pengelolaan kedua penginapan  tersebut di bawah LPWS.

WISMA SEJAHTERA

Wisma Sejahtera yang berlokasi di Kota Magelang, menempati tanah seluas 5.585 m2, dengan 7 bangunan yang terdiri dari:

1) Gedung Pertemuan Antiokhia

2) Gedung Pertemuan Filadelfia

3)  Penginapan Sinai

4) Paviliun Hermon

5) Paviliun Betania

6) Paviliun Galilea

7) Kantor Customer Service

Operasional Wisma Sejahtera.

Secara total terdapat 40 kamar dan 3 ruang pertemuan yang dikelola.

Jika tujuan awal pendirian Wisma Sejahtera adalah sebagai pusat latihan kepemimpinan GKI Jateng, maka data pelanggan menunjukkan hal yang cukup berbeda dari tujuan tersebut. Pada Tabel 10 dapat dilihat bahwa sebagian besar pelanggan/pengguna Wisma Sejahtera ternyata adalah masyarakat umum, yang tidak berafiliasi dengan GKI. Pada urutan berikutnya adalah instansi. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan orientasi dalam pengelolaan Wisma Sejahtera dari tujuan awal pendiriannya.